Temuan ini sangat penting terutama dalam upaya memberikan informasi yang lebih jelas
tentang dasar pertimbangan dalam menggunakan e-commerce dan memanfaatkannya
sebagai sarana keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa
perusahaan sebagai obyek penelitian, yang merupakan perusahaan yang sudah
menggunakan layanan e-commerce yang targetnya langsung kepada konsumen dimana
perusahaan yang peneliti teliti tersebar di kota kota besar di Indonesia. Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah: Motif – motif apa sajakah yang mendorong perusahaan
menggunakan e-commerce dalam kepentingan bisnis dan Manfaat – manfaat apa sajakah
yang telah diperoleh jika perusahaan telah menerapkan e-commerce dalam kepentingan
bisnis mereka.
KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN
Electronic Commerce
Electronic Commerce (e-commerce) merupakan konsep baru yang bias
digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web Internet
(Shim, Quershi, Siegel, Siegel, 2000 dalam buku M. Suyanto, 11, 2003) atau proses jual
beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk
internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000 dalam buku M. Suyanto,11,2003).
Sedangkan menurut Kalakota dan Whinston (1997) dalam buku M. Suyanto (2003)
mendefinisikan e-commerce dari beberapa perspektif berikut :
1. Perspektif Komunikasi : e-commerce merupakan pengiriman indormasi,
produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan computer atau
sarana eletronik lainnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar